Visa Belanda : Cara Membuat, Syarat, dan Biaya Pengurusan

Cover Visa Belanda

Cara Membuat Visa Belanda – Untuk bepergian ke negara Belanda dengan tujuan menempuh pendidikan di belanda atau pun liburan, Anda wajib memiliki visa khusus yang sering dikenal dengan sebutan visa schengen.

Visa dibuat dengan tujuan menjelaskan bahwa Anda sudah mendapatkan izin untuk mengunjungi negara yang bersangkutan. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat visa, simak artikel berikut.

Cara Membuat Visa Belanda

  1. Tentukan Waktu yang Tepat

    Tahap pertama adalah menentukan waktu yang tepat agar Anda bisa lebih leluasa.

  2. Buat Janji Temu Terlebih Dahulu

    Membuat janji temu sangatlah penting. Anda bisa mengajukannya dengan cara online. Selanjutnya Anda akan mendapatkan jadwal dan nomor antrian dari pihak Kedubes Belanda.

  3. Datang Langsung ke Kantor Kedubes Belanda

    Silahkan datang sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan melalui email.

  4. Siapkan Dokumen Persyaratan yang Dibutuhkan

    Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengurusan visa Belanda.

  5. Lakukan Proses Wawancara Visa

    Pihak konsular akan mewawancarai Anda selama kurang lebih 15 menit, usahakan untuk menjawabnya dengan penuh percaya diri.

  6. Lakukan Proses Bayar Tagihan Biaya Pengurusan Visa

    Siapkan biaya pengurusan visa Belanda kurang lebih Rp 2,4 juta

  7. Tunggu Jawaban dari Kedubes Belanda

    Tunggu setidaknya hingga 15 hari setelah proses pengurusan. Anda akan mendapatkan informasi resmi dari Kedubes Belanda melalui email.

Syarat Membuat Visa Belanda

Beberapa syarat untuk membuat visa Belanda, bisa Anda perhatikan di bawah ini, jangan sampai kelewatan agar prosesnya pun bisa lebih cepat :

  • Terkait dengan masa berlaku paspor, setidaknya setelah kedatangan Anda di Belanda, paspor tersebut harus memiliki masa berlaku 6 bulan
  • Menyediakan pas foto dengan ketentuan memiliki latar belakang foto putih, dicetak dengan menggunakan kertas khusus untuk foto, kualitas cetakan harus baik, jika di zoom hingga 70 % masih tampak jelas dan memiliki ukuran 3,5cm x 4,5cm berjumlah 2 lembar.
  • Khusus untuk urusan pekerjaan atau bisnis, harus melampirkan surat sponsor dengan menggunakan Bahasa Inggris dan wajib dibubuhkan kop surat dari perusahaan tempat Anda bekerja atau pun bisnis Anda sendiri. Kemudian, jika Anda membawa ikut serta keluarga atau orang lain, wajib mencantumkan nama terang dan juga status hubungan dengan orang tersebut.
  • Melampirkan bukti kapasitas atau bukti kondisi keuangan Anda berupa rekening koran selama 3 bulan terakhir (fotocopy mulai dari halaman identitas hingga halaman akhir). Setiap individu, minimum saldo yang ada di rekening adalah 50 juta.
  • Melampirkan fotocopy kartu keluarga
  • Jika ternyata ada perbedaan antara data identitas kependudukan dengan identitas di paspor, maka Anda diwajibkan untuk menambahkan surat lampiran berupa surat ganti nama.
  • Jika sudah menikah, waji melampirkan fotocopy buku nikah atau akte nikah.
  • Jika Anda membawa ikut serta anak dan statusnya masih sekolah, maka harus melampirkan beberapa dokumen seperti kartu pelajar (fotocopy), surat keterangan berstatus sekolah dari tempat bersekolah (asli), akte kelahiran (fotocopy).
  • Melampirkan surat ijin keberangkatan yang telah disetujui oleh pihak orang tua dengan menggunakan bahasa inggris. Jika perginya bersama orang lain, maka wajib dibubuhkan legalisir yang dilakukan oleh pihak notaris.
  • Lampirkan bukti pembelian tiket (print out).
  • Konfirmasi lebih lanjut ke pihak hotel selama Anda melakukan perjalanan di Eropa.
  • Melampirkan asuransi perjalanan dengan masa berlaku sesuai dengan berkunjung di Eropa (nilai pertanggungannya sekitar 30.000 Euro)
  • Mengisi formulir lengkap yang sudah disediakan

Informasi Seputar Visa Belanda

Harga Visa ke Belanda

Untuk proses pengurusan visa schengen ke Belanda, setidaknya membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp 2.400.000. Waktu pengurusannya mulai dari 7 hari hingga 14 hari.

Form Visa ke Belanda

Pengajuan visa schengen untuk berkunjung ke negeri kincir angin, Anda bisa daftar dengan cara online melalui situs resmi pengajuan online yang sudah disediakan oleh pemerintah Belanda. Anda harus membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya.

Alamat situsnya ialah https://consular.mfaservices.nl/

Alamat Kedutaan Besar Belanda

Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia beralamatkan di  Jalan HR Rasuna Said Kav.S-3, Jakarta 12950

No. Telepon : (62-21) 524-8200

No. Fax : (62-21) 520-0734

Email : jak@minbuza.nl

shopee website