Oleh-Oleh Khas Brunei Darussalam yang Memikat Hati Wisatawan

Oleh Oleh Khas Brunei

Oleh-oleh Khas Brunei – Brunei Darussalam, negara kecil yang kaya akan budaya dan tradisi, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga oleh-oleh khas yang bisa menjadi kenang-kenangan istimewa bagi para wisatawan.

Berikut adalah 10 oleh-oleh khas Brunei Darussalam beserta penjelasan, lokasi pembelian, dan perkiraan harga:

Kuih Mor – Delikates Manis Tradisional

Kuih Mor

Harga : BND 5 hingga BND 10

Lokasi Pembelian : Pasar Gadong atau Pasar Tamu

Kuih Mor adalah kue kering tradisional Brunei yang terbuat dari kelapa parut, gula merah, dan tepung ketan. Bentuknya yang cantik membuatnya menjadi pilihan yang populer sebagai oleh-oleh.

Anda dapat menemukan Kuih Mor di pasar tradisional seperti Pasar Gadong atau Pasar Tamu, dengan harga berkisar antara BND 5 hingga BND 10 per bungkus.

2. Tembikai Madu – Buah Lokal yang Manis dan Segar

Harga : BND 3 hingga BND 8

Lokasi Pembelian : Pasar tradisional

Tembikai Madu atau lebih dikenal sebagai “Madu” adalah buah berwarna hijau yang manis dan segar. Ini adalah oleh-oleh yang sempurna untuk memberikan sentuhan alami dari Brunei.

Tembikai Madu bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional dengan harga sekitar BND 3 hingga BND 8, tergantung pada ukuran dan kualitas buah.

3. Songket – Kain Tradisional yang Mewah

Songket

Harga : BND 50 hingga BND 300

Lokasi Pembelian : Pusat kerajinan atau pasar tradisional

Songket adalah kain tradisional yang dihiasi dengan benang emas atau perak, menciptakan pola-pola indah dan elegan. Dengan corak yang unik, Songket Brunei menjadi oleh-oleh yang istimewa. Anda dapat membeli Songket di pusat kerajinan atau pasar tradisional dengan harga mulai dari BND 50 hingga BND 300, tergantung pada jenis kain dan ukuran.

4. Pewter Brunei – Seni Perunggu yang Berkelas

Harga : BND 20 hingga BND 200

Lokasi Pembelian : Toko kerajinan atau pusat perbelanjaan utama di Bandar Seri Begawan

Barang-barang pewter khas Brunei sering dihiasi dengan simbol-simbol keagamaan atau budaya. Piala, cangkir, dan patung pewter dapat ditemukan di toko-toko kerajinan atau pusat perbelanjaan utama di Bandar Seri Begawan. Harga produk pewter bervariasi, mulai dari BND 20 hingga BND 200, tergantung pada jenis dan ukuran.

5. Tamu Kain – Tenunan Tangan yang Cantik

Harga : BND 15 hingga BND 50

Lokasi Pembelian : Pasar tradisional

Tamu Kain adalah tenunan tangan tradisional Brunei yang biasanya digunakan sebagai selendang atau hiasan dinding. Anda dapat membeli Tamu Kain di pasar tradisional dengan harga sekitar BND 15 hingga BND 50, tergantung pada bahan dan desain.

6. Ubi Kayu – Camilan Khas Brunei yang Gurih

Keripik Singkong

Harga : BND 5 hingga BND 15

Lokasi Pembelian : Toko-toko makanan khas atau pasar tradisional

Ubi Kayu atau keripik singkong adalah camilan khas Brunei yang diolah dengan cara khusus untuk memberikan rasa gurih yang lezat. Anda dapat menemukan ubi kayu di toko-toko makanan khas atau pasar tradisional dengan harga sekitar BND 5 hingga BND 15 per bungkus.

7. Tembaga Brunei – Karya Seni yang Eksklusif

Harga : BND 30 hingga BND 150

Lokasi Pembelian : –

Barang-barang tembaga, seperti wadah perhiasan atau patung, merupakan oleh-oleh yang sangat dicari. Tembaga Brunei sering dihiasi dengan ukiran tangan yang rumit. Harga produk tembaga berkisar antara BND 30 hingga BND 150, tergantung pada ukuran dan desain.

8. Perhiasan Mutiara – Kecantikan Laut Brunei

Harga : BND 50 hingga BND 5000

Lokasi Pembelian : Pusat perbelanjaan utama

Brunei dikenal dengan budidaya mutiara berkualitas tinggi. Perhiasan mutiara, seperti kalung atau anting-anting, dapat ditemukan di toko perhiasan khusus di pusat perbelanjaan utama. Harga perhiasan mutiara bervariasi, mulai dari BND 50 hingga BND 5000, tergantung pada kualitas dan desainnya.

9. Cokelat Tenom – Manisnya Cokelat Lokal

Harga : BND 10 hingga BND 50

Lokasi Pembelian : Toko-toko cokelat khusus atau pusat perbelanjaan

Cokelat Tenom, diproduksi di Brunei dengan biji kakao lokal, menawarkan rasa cokelat yang khas. Anda dapat membeli Cokelat Tenom di toko-toko cokelat khusus atau pusat perbelanjaan dengan harga sekitar BND 10 hingga BND 50, tergantung pada jenis dan ukuran.

10. Topi Janger – Aksen Kepala Khas Brunei

Harga : BND 20 hingga BND 50

Lokasi Pembelian : Pasar tradisional

Topi Janger adalah topi tradisional Brunei yang terbuat dari anyaman daun nipah. Topi ini biasanya digunakan dalam upacara adat dan menjadi oleh-oleh yang unik. Anda bisa mendapatkan Topi Janger di pasar tradisional dengan harga sekitar BND 20 hingga BND 50, tergantung pada kualitas dan ukuran.

Sebelum memutuskan untuk membeli oleh-oleh, pastikan untuk memahami nilai budaya dan seni di balik setiap produk. Selamat berbelanja dan semoga oleh-oleh khas Brunei Darussalam ini dapat membawa kebahagiaan kepada orang yang Anda berikan.

shopee website
Scroll Ke Atas