Budaya India : Kebudayaan Tradisional, Budaya Perilaku, Larangan

budaya di india

Budaya India – India menjadi salah satu negara yang bisa Anda jadikan destinasi wisata luar negeri dengan budget minim. Hal ini dikarenakan nilai tukar mata uang Indonesia dengan mata uang India tidak jauh beda.

Namun, sebelum berkunjung ke India, Anda perlu mempelajari terkait budaya-budaya yang ada di India. Budaya tersebut bisa Anda gunakan untuk menambah destinasi wisata Anda dan tidak terlalu culture shock terhadap perilaku masyarakatnya yang sedikit berbeda dengan masyarakat Indonesia.

Untuk informasi lengkap terkait kebudayaan tradisional di India hingga budaya perilaku masyarakat India, bisa Anda lihat pada artikel berikut.

Kebudayaan Tradisional India

India, dengan sejarahnya yang kaya dan keragaman geografisnya, menyajikan sebuah kekayaan budaya yang luar biasa. Kebudayaan India mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari rumah adat, tarian, festival, makanan khas, hingga agama.

Rumah Adat India

Rumah Adat India

Rumah adat di India mencerminkan keberagaman arsitektur yang ada di seluruh negeri. Dari rumah-rumah yang beratap jerami di desa-desa hingga istana megah di kota-kota besar, setiap rumah mencerminkan nilai-nilai budaya dan kehidupan sosial masyarakatnya. Arsitektur tradisional seperti “Haveli” di Rajasthan dan “Chettinad houses” di Tamil Nadu adalah contoh klasik dari keunikan rumah adat India.

Tarian Tradisional Negara India

Tarian di India juga mencerminkan kekayaan budaya. Tarian klasik seperti Bharatanatyam, Kathak, dan Odissi memberikan gambaran indah tentang sejarah dan mitologi India.

Di samping itu, tarian-tarian rakyat seperti Bhangra dari Punjab dan Garba dari Gujarat menunjukkan semangat sukacita masyarakat yang penuh keceriaan.

Festival-festival di Negara India

Holi India

Festival-festival di India melibatkan penuh warna, kegembiraan, dan spiritualitas. Di antaranya adalah Holi, festival warna yang merayakan kedatangan musim semi, dan Diwali, festival cahaya yang menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Festival-festival ini menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, menyebarkan kebahagiaan dan menciptakan kenangan tak terlupakan.

Makanan Khas India

Makanan India terkenal dengan keanekaragaman rasa dan bumbu yang kaya. Masakan dari berbagai daerah, seperti biryani, dosa, samosa, dan masakan kari, memberikan pengalaman kuliner yang unik dan memikat selera.

Agama Masyarakat India

Keberagaman agama di India menciptakan toleransi dan saling penghargaan antar masyarakat. Hindu, Islam, Kristen, Sikh, Jain, dan Buddhisme adalah beberapa agama utama yang dianut oleh masyarakat India. Setiap agama membawa tradisi dan ritusnya sendiri, menambahkan warna-warni dalam keseharian masyarakat.

Budaya Perilaku Masyarakat India

Perilaku masyarakat India tercermin dalam berbagai kebiasaan dan adat istiadat yang diwarisi dari generasi ke generasi. Beberapa aspek yang mencolok termasuk:

1. Menganut Sistem Kasta

Sistem kasta masih memiliki pengaruh yang kuat di masyarakat India. Meskipun dihapuskan secara hukum, namun beberapa praktik yang terkait masih dapat ditemui. Sistem ini menciptakan struktur sosial dan hierarki yang memengaruhi interaksi sosial di berbagai lapisan masyarakat.

2. Kepedulian terhadap Keluarga

Masyarakat India memiliki rasa solidaritas yang kuat terhadap keluarga. Kepedulian terhadap orang tua dan kerabat dekat sangat diutamakan, dan banyak orang dewasa memilih untuk tinggal bersama keluarga mereka sepanjang hidup.

3. Etika dalam Komunikasi

Etika dalam berkomunikasi sangat penting di India. Memberikan salam dengan sopan, menyapa dengan tulus, dan menghormati orang yang lebih tua adalah bagian integral dari perilaku sehari-hari.

Larangan di Negara India

India memiliki sejumlah larangan yang harus diikuti oleh warganya dan pengunjung. Beberapa di antaranya melibatkan aturan ketat dan sanksi hukum jika dilanggar, termasuk:

  • Pembakaran Sampah di Tempat Terlarang: Pembakaran sampah di tempat-tempat terlarang dilarang keras dan dapat dikenakan denda, dengan denda mulai dari 500 hingga 5,000 rupee.
  • Pemakaian Plastik Sekali Pakai: Beberapa negara bagian melarang penggunaan plastik sekali pakai untuk mengurangi dampak lingkungan. Pelanggaran dapat dikenai denda hingga 25,000 rupee atau hukuman penjara hingga 3 bulan.
  • Diskriminasi Berbasis Kasta: Praktik diskriminasi berbasis kasta dihukum oleh undang-undang, dan tindakan diskriminatif dapat mengakibatkan tindakan hukum. Denda dapat mencapai 50,000 rupee atau hukuman penjara hingga 6 bulan.
  • Merokok di Tempat Umum: Beberapa negara bagian melarang merokok di tempat umum dengan denda yang berlaku untuk pelanggaran, dengan denda berkisar antara 200 hingga 2,000 rupee.

Dengan menghormati dan mematuhi larangan ini, masyarakat India bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, adil, dan beradab.

shopee website