Budaya di Taiwan : Kebudayaan Tradisional, Perilaku, Larangan

Budaya Di Taiwan

Budaya di Taiwan – Sebelum mengunjungi Negara Taiwan, Anda harus mengetahui kebudayaan tradisional, budaya perilaku masyarakat, dan larangannya. Hal ini bertujuan untuk melancarkan kunjungan Anda.

Setelah mengetahui beberapa budaya tradisional, budaya perilaku, dan larangan, Anda tidak akan terlalu terkena culture shock akibat perbedaan budaya di Taiwan dengan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya terkait budaya di Taiwan, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Kebudayaan Tradisional di Taiwan

Yang dimaksud kebudayaan Tradisional Taiwan, berkaitan dengan rumah adat, tarian, bahasa, kepercayaan, dan tempat bersejarahnya.

Berikut ini penjelasan detailnya.

Rumah Adat di Taiwan

Rumah Adat Di Taiwan

Rumah adat di Taiwan mencerminkan kaya akan tradisi dan nilai-nilai budaya. Banyak dari mereka dirancang dengan sentuhan arsitektur tradisional, seperti atap melengkung dan dinding berwarna terang. Selain itu, rumah adat sering kali menampilkan seni ukir yang indah dan ornamen-ornamen tradisional.

Tarian Tradisional Taiwan

Tarian tradisional Taiwan adalah bagian integral dari budaya mereka. Salah satu contohnya adalah tarian Hakka, yang memperlihatkan keanggunan dan keindahan gerakan yang menggambarkan kehidupan sehari-hari. Tarian tradisional sering diiringi oleh musik tradisional dan busana khas, menciptakan pengalaman seni yang mendalam.

Bahasa Masyarakat Taiwan

Bahasa yang umum digunakan di Taiwan adalah Mandarin, tetapi terdapat pula penggunaan bahasa Hokkien, Hakka, dan bahasa-bahasa etnis minoritas. Multilingualisme ini mencerminkan keragaman etnis di Taiwan dan memberikan warna pada kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Kepercayaan Masyarakat Taiwan

Kepercayaan Masyarakat Taiwan

Budaya keagamaan di Taiwan sangat beragam, mencakup Buddhisme, Taoisme, dan kepercayaan tradisional. Kuil-kuil yang megah dan perayaan keagamaan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Festival dan upacara keagamaan diadakan secara meriah, mencerminkan kekayaan spiritual masyarakat Taiwan.

Tempat Bersejarah di Taiwan

Taiwan memiliki sejumlah tempat bersejarah yang mencerminkan perjalanan panjangnya. Contohnya adalah Kuil Longshan di Taipei, yang telah berdiri sejak abad ke-18. Tempat-tempat bersejarah ini menjadi saksi bisu perkembangan budaya dan sejarah Taiwan.

Budaya Perilaku Masyarakat Taiwan

Masyarakat Taiwan dikenal dengan perilaku sopan, ramah, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keluarga. Beberapa kebiasaan masyarakat yang mencirikan budaya perilaku Taiwan, antara lain:

Memperhatikan Etika Makan

Masyarakat Taiwan memiliki etika makan yang sangat dihormati. Mereka sering menggunakan sumpit, dan menjaga sikap tenang selama makan sebagai tanda rasa hormat terhadap hidangan dan teman makan.

Keuletan dan Kerja Keras Masyarakat Taiwan

Budaya kerja keras sangat ditekankan di Taiwan. Masyarakatnya cenderung gigih, telaten, dan memiliki semangat kerja tinggi. Nilai-nilai ini tercermin dalam kesuksesan ekonomi Taiwan.

Sikap Sopan dan Hormat

Sopan santun dan rasa hormat terhadap orang tua serta orang yang lebih tua sangat dijunjung tinggi. Greeting dengan senyuman dan jabatan tangan adalah norma yang umum dalam interaksi sehari-hari.

Larangan di Negara Taiwan

Beberapa perilaku yang dilarang di Taiwan beserta aturan dan denda jika melanggarnya melibatkan:

  • Merokok di Tempat Umum: Denda untuk merokok di tempat umum dapat berkisar antara NT$2,000 hingga NT$10,000, tergantung pada daerah dan seberapa sering pelanggaran itu terjadi.
  • Membuang Sampah Sembarangan: Denda untuk membuang sampah sembarangan biasanya berkisar antara NT$1,200 hingga NT$6,000, tergantung pada keparahan pelanggaran.
  • Mengunyah Permen Karet di Transportasi Umum: Denda untuk mengunyah permen karet di transportasi umum dapat mencapai NT$1,500 hingga NT$7,500, tergantung pada kebijakan setempat.
  • Menggunakan Telepon Genggam Saat Berkendara: Pelanggaran ini dapat dikenai denda antara NT$3,000 hingga NT$6,000, tergantung pada seberapa sering pelanggaran tersebut terjadi.

Perlu diingat bahwa angka-angka di atas bersifat perkiraan dan dapat berubah seiring waktu. Juga, ketentuan ini bisa berbeda di berbagai daerah di Taiwan. Jadi, selalu disarankan untuk memeriksa peraturan setempat dan mendapatkan informasi terkini mengenai denda yang berlaku.

shopee website
Scroll Ke Atas