Budaya di Belanda : Tradisional, Perilaku Masyarakat, Larangan

Belanda 1

Budaya di Belanda – Banyak pemuda Indonesia melanjutkan study di Belanda karena kualitas pendidikannya yang bagus. Selain itu, ada banyak juga masyarakat yang ke Belanda dengan tujuan bisnis ataupun berlibur. Jika Anda ingin mengunjungi negara ini, lebih baik Anda mengetahui budayanya terlebih dahulu.

Mengetahui budaya Belanda sebelum mengunjunginya bertujuan untuk mengurangi culture shock yang akan Anda alami. Selain itu, kebudayaan tradisional juga bisa Anda gunakan untuk menambah destinasi wisata ketika Anda berada di Belanda.

Berikut ini kami berikan informasi lengkap terkait budaya di Belanda, baik budaya tradisional, budaya perilaku, hingga larangan di Negara Belanda.

Kebudayaan Belanda

Belanda, sebuah negara yang kaya akan sejarah dan kekayaan budaya, menawarkan beragam tradisi yang mencerminkan identitasnya. Beberapa aspek utama kebudayaan Belanda mencakup:

Rumah Adat Belanda

Rumah Adat Belanda

Rumah adat di Belanda memiliki ciri khas arsitektur yang unik. Bangunan-bangunan ini sering kali memiliki atap miring yang ikonik dan dinding yang dihiasi dengan batu bata. Rumah adat Belanda tidak hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga mewakili keindahan seni arsitektur tradisional.

Tarian Tradisional Belanda

Tarian tradisional Belanda mencerminkan keceriaan dan kehidupan sehari-hari. “Klompendansen,” tarian yang melibatkan sepatu kayu khas Belanda yang disebut klompen, adalah salah satu tarian tradisional yang terkenal. Gerakan yang ceria dan musik yang riang menunjukkan semangat kehidupan masyarakat Belanda.

Festival di Negara Belanda

Belanda dikenal sebagai tuan rumah sejumlah festival yang meriah sepanjang tahun. “Keukenhof Flower Festival” adalah contoh festival yang paling terkenal, di mana taman bunga terbesar di dunia dihiasi dengan jutaan bunga tulip yang memukau. Selain itu, “King’s Day” adalah festival nasional yang dirayakan dengan penuh semangat untuk merayakan ulang tahun raja.

Makanan Khas Belanda

Stroopwafels

Makanan khas Belanda mencakup berbagai hidangan yang lezat dan unik. “Stroopwafels,” kue tipis yang diisi dengan sirup karamel, dan “Haring,” ikan haring yang dimakan mentah dengan saus bawang dan acar, adalah contoh hidangan yang mencerminkan keanekaragaman kuliner di Belanda.

Budaya Perilaku Masyarakat Belanda

Masyarakat Belanda memiliki beberapa perilaku khas yang mencerminkan nilai-nilai dan norma mereka:

  • Sikap Terbuka dan Ramah: Masyarakat Belanda dikenal sebagai orang yang terbuka dan ramah. Mereka senang berinteraksi dengan orang asing dan biasanya bersikap santai.
  • Pentingnya Kesetaraan: Konsep kesetaraan sangat dihargai di Belanda. Ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari, di mana orang-orang dihargai tanpa memandang status sosial atau pekerjaan.
  • Transportasi Bersepeda: Bersepeda merupakan cara transportasi yang populer di Belanda. Infrastruktur sepeda yang baik dan kebijakan ramah-sepeda mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan dan kesehatan.
  • Punctuality: Punctuality adalah norma di masyarakat Belanda. Keteraturan dan ketepatan waktu dihargai di berbagai aspek kehidupan, termasuk di tempat kerja dan dalam pertemuan sosial.

Larangan di Negara Belanda

Beberapa perilaku yang dilarang di Negara Belanda beserta aturan dan denda yang mungkin diterapkan meliputi:

  • Merokok di Tempat Umum: Merokok di tempat umum, seperti restoran dan transportasi umum, dilarang. Pelanggaran dapat dikenai denda yang substansial.
  • Mengemudi dalam Kondisi Mabuk: Kondisi mabuk saat mengemudi sangat dilarang di Belanda. Pelanggaran dapat mengakibatkan hukuman berat, termasuk denda besar dan hilangnya izin mengemudi.
  • Diskriminasi dan Tindakan Rasisme: Negara Belanda memiliki undang-undang ketat terkait diskriminasi dan tindakan rasisme. Pelanggaran dapat mengakibatkan tuntutan hukum dan denda yang signifikan.
  • Membuang Sampah Sembarangan: Membuang sampah sembarangan di tempat umum dilarang. Orang yang melanggar aturan ini dapat dikenai denda sebagai upaya untuk mendorong perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Dengan memahami dan menghormati kebudayaan, perilaku masyarakat, dan larangan di Negara Belanda, kita dapat memasuki dunia yang beragam dan menarik yang menjadi bagian integral dari identitas negara ini.

shopee website
Scroll Ke Atas